HOMESCHOOLER Mom

Foto saya
a mom of homeschool twinnies (boy and girl), an ex architect, a lecturer, a crafter, and a children book's author and illustrator. loves drawing, crafting, illustrating, making pretty things..

Hi there...

Thanks so much for taking time out of your day to stop by my little space! i am happy to share my daily activities (homeschooling, green living, writing, ilustrating & crafting) and hope you enjoy it...

-Dini-

dkwardhani@yahoo.com



Senin, 19 Desember 2011

FAQ How to Make a Crafting Book

Sering sekali saya mendapatkan pertanyaan dari para crafter yang ingin sekali menerbitkan buku ketrampilan mereka. Saya akan sedikit sharing tentang penulisan dan penerbitan buku craft pada postingan kali ini ya:

1.       Bagaimana caranya membuat buku?
Sebetulnya sangat mudah. Awali dengan kumpulkan karya-karyamu, klasifikasikan berdasarkan tema. Misalkan tema asesoris, aplikasi, sulam dan sebagainya. Buat outline yang jelas. Outline yang paling mudah adalah dengan melihat buku-buku craft yang sudah banyak beredar. Ikuti struktur pembahasannya.

2.       Bagaimana caranya menerbitkan buku?
Pertama sekali yang harus dilakukan adalah pelajari penerbitan yang akan dituju. Pahami betul karakter buku penerbit tersebut karena setiap penerbitan punya ciri khas sendiri dalam menyajikan buku-buku mereka. Catatlah dan pelajari karakter buku-buku terbitan mereka.

3.       Bagaimana cara mengirim naskah?
Telepon atau kirim email redaksinya, tawarkan naskah kita dan kirimkan. Semua alamat penerbit dapat ditemukan di masing-masing buku terbitan penerbit itu. Jangan lupa sertakan portfolio atau foto-foto karya kita yang paling Oke. Bisa juga kirim naskah dalam hardcopi.

4.       Bagaimana agar naskah kita diterima?
Pastikan kita paham betul apa yang kita akan buat dan apa yang kita inginkan dari buku tersebut,  segmen pasarnya siapa , target pembacanya, kompetitornya dll.
Sebisa mungkin naskah ini matang secara konsep sehingga penerbit tidak menebak-nebak sperti apa jadinya nanti. Namun tentu saja buku-buku tersebut akan mengalami proses seleksi, diskusi dan revisi yang akan membuatnya semakin berkualitas.
TIPS:
·         Ingat jika anda ingin agar naskah anda diterima usahakan agar anda paham trend yang sekarang sedang digemari oleh para crafter.
·         Satu lagi yang tak kalah penting usahakan agar karya kita unik, fresh dan original agar penerbit juga tertarik untuk menerbitkannya.
·         Jangan segan untuk gabung di komunitas crafting
·         Menulis buku tidak bisa diajarkan secara instan, anda harus berani mencoba dan mengasah skill yang anda punyai. 

Selamat Menulis!! Buku saya juga bisa jadi referensi ^^



11 komentar:

  1. wah bermanfaat sekali postingannya jadi lebih tahu tentang proses menulis buku..TFS ya mba dini :)

    BalasHapus
  2. sama-sama dini.. happy writing ^^

    BalasHapus
  3. nice info mbak :)

    mesti dibookmark nih ^_^

    trims ya.... sukses utk Capungmungil

    BalasHapus
  4. terima kasih sudah berkunjung.. ^^

    BalasHapus
  5. baru ini senyum-senyum sendiri pas liat-liat buku di toko buku,, karna ngerti siapa yg bikin [walo belum perna ktemu langsung ehehehe,,,]

    sukses untuk buku-buku selanjutnya ya,mbak,,

    BalasHapus
  6. Hallo mb Dini,senang baca artikel ini,bisa dapat ilmu...oh iya,saya juga udah beli buku yg Flanel make over,keren dan isnpiratif bgt,banyak ide yg bisa diaplikasikan ke rumah tangga kita...akhirnya saya juga nyoba buat yg curtain tie,,tetapi dalam bentuk pinguin...hehehe.. trims ya mbak...

    BalasHapus
  7. hehehe.. makasih ya sari.. jangan-jangan ditegor satpa kalau senyum sendiri :D

    @flanellapernik: aku sempat ngintip pinguinnya tadi ^^ semoga bermanfaat yaaa

    BalasHapus
  8. semoga suatu saat bisa menerbitkan buku spt mba Dini :D..sukses Mba Din :)

    BalasHapus
  9. wah ... suka baca blog yg ini...bukunya capung mungil juga udah lihat di toko buku,bagus banget :), salam kenal ya mbak^^

    BalasHapus
  10. makasih infonya mbak, inshAllah bermanfaat banget ^^

    BalasHapus
  11. Terima kasih masukannya.

    BalasHapus

you might also like these stories

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...