HOMESCHOOLER Mom

Foto saya
a mom of homeschool twinnies (boy and girl), an ex architect, a lecturer, a crafter, and a children book's author and illustrator. loves drawing, crafting, illustrating, making pretty things..

Hi there...

Thanks so much for taking time out of your day to stop by my little space! i am happy to share my daily activities (homeschooling, green living, writing, ilustrating & crafting) and hope you enjoy it...

-Dini-

dkwardhani@yahoo.com



Selasa, 30 Desember 2014

Membuat LAPBOOK ala Adit dan Keni

(bisa untuk mengisi liburan, atau bisa juga untuk sehari-hari)
Alhamdulillah setelah mengenal "Home Education" jadi melek beberapa metode belajar yang digunakan terutama oleh kegiatan "Home Schooling" salah satunya adalah LAPBOOK  mesikpun kami tidak atau belum berHS tapi bagi kami metode belajar yang digunakan dalam HS sangatlah pas untuk anak-anak. Justru mungkin sekolah bisa mengadopsi metode belajar dengan Lapbook ini.
Kegiatan belajar menggunakan lapbook adalah semacam proyek kecil yang mengintegrasikan sebuah tema tertentu yang dipilih. Lapbook adalah salah satu cara mendokumentasi kegiatan tematik. Kegiatan ini sangat menyenangkan, terutama untuk anak-anak yang lebih cenderung visual dan spasial karena belajar dengan media gambar, ketrampilan, dan terlibat langsung dengan sebuah proyek yang dipelajarinya. (source Rumah Inspirasi)
Cara membuat Lapbook sederhana :
1. Siapkan kertas sebagai alas (bisa karton semacam manila dibagi 2, bisa juga map kertas tebal).
2. Siapkan materi tematik yang akan dimasukkan dalam lapbook.
Sebenarnya tidak perlu beli atau mencari bahan-bahan lapbook khusus karena bisa membuat klipping atau kolase dari bahan yang ada atau googling saja. Untuk yang baru pertama mencoba bisa coba free template di 

3. Anak-anak yang pertama kali membuat lapbook pasti akan kebingungan, jadi mereka awalnya perlu dibantu atau didampingi. Lapbook sendiri yang saya pahami memang berbentuk seperti klipping/ kolase, dimana ia terdiri dari beberapa mini books (bentuknya bisa folded, flap, pocket, wheel dll), gambar, puisi, diagram dll.

4. Sesuaikan dengan usia, contoh-contoh lapbook di youtube maupun di blog-blog para homescholler luar biasa banyak namun perlu disesuaikan dengan pemahaman anak.
5. Mulai dari hal-hal yang mereka minati. Adit suka cuaca dan mesin, setelah ini mau coba tentang roket dan planet. Keni suka hewan dan belanja.

6. Biarkan anak-anak berimprovisasi dengan menggambar atau mewarna di bagian yang mereka sukai.


7. Anak-anak bisa juga melakukan riset kecil-kecilan saat mengisi/membuat lapbook, misalkan mengamati atau membaca dari ensiklopedi baru kemudian di rangkum sendiri.


8. Setelah Lapbook jadi, mintalah anak untuk mempresentasikan isinya, jika mungkin sebaiknya direkam (*next project).

9. Tunjukkan hasil karya anak ke sekolah, jika memungkinkan ajak sekolah membuat proyek lapbook kecil-kecilan di sekolah. Dan usulkan agar anak-anak bisa mempresentasikan tema lapbook mereka.

*Nasehat untuk diri sendiri : berorientasilah pada proses bukan pada hasil

Cara pembuatan lapbook sederhana saja, yang penting ada sebuah karton besar sebagai "alas" bagi berbagai informasi yang ingin dicantumkan. Semacam kliping, namun tidak terbatas hanya dari potongan berita atau foto saja, bisa ditempelkan juga berbagai craft, origami, komik buatan sendiri, dengan diberi hiasan-hiasan yang menarik dan setema. (source: Klub Sinau)
Untuk membaca lebih jauh tentang lapbook bisa kehttp://www.handsofachild.com/lapbooking/

Salam dan selamat berkreasi dengan Lapbook 

3 komentar:

  1. daku coba bikin bareng nai dan alde ya mba makasih idenya...

    BalasHapus
  2. bagus banget lapbooknya..jadi pengen niru..hehe..tks for sharing

    BalasHapus
  3. terimakasih infonya gan
    http://short8.net/B5Za8

    BalasHapus

you might also like these stories

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...