HOMESCHOOLER Mom

Foto Saya
a mom of homeschool twinnies (boy and girl), an ex architect, a lecturer, a crafter, and a children book's author and illustrator. loves drawing, crafting, illustrating, making pretty things..

Hi there...

Thanks so much for taking time out of your day to stop by my little space! i am happy to share my daily activities (homeschooling, green living, writing, ilustrating & crafting) and hope you enjoy it...

-Dini-

dkwardhani@yahoo.com



Sabtu, 30 Januari 2016

Ngapain Aja Sih Kalau Homeschooling?

Kami sering ditanya....

Gak sekolah?
Homeschooling di mana?
Ngapain aja kalau homeschooling?

Kenapa suka homeschooling daripada sekolah?

Temukan jawabannya di sini ya....
Ini adalah video dokumentasi kegiatan kami bersama teman-teman klub pemberi ^^b



Rabu, 27 Januari 2016

-Beri Anak Kesempatan-

Ibu tahu Radit (7th) tidak suka menggambar. Ia sering menolak bila diajak menggambar. Namun bagaimanapun kemampuan menggambar ini adalah kemampuan yang cukup penting untuk seorang anak terlepas dari gambarnya bagus atau tidak, karena salah satu cara untuk memulai kreativitas adalah dengan cara menggambar (selain masih banyak cara lain tentu saja). Kreativitas dan hal baru, salah satunya dimulai dengan corat-coret. Melalui proses corat-coret inilah kreativitas terbangun, dan anak-anak secara tidak langsung dididik menjadi inventor, bukan penjiplak dan peniru. Selain itu kegiatan menggambar juga tetap diperlukan sebagai media untuk mengasah motorik halus yang nanti akan berkembang pada saat anak belajar untuk menulis.
Karena si Radit sukanya bercerita (tentang ide-idenya, tentang proses alam, atau yang lainnya), kalau Ia sudah selesai bercerita Ibu pancing-pancing... "Coba dong digambar, ibu pengen lihat seperti apa sih idenya?" maka ibu sedikan buku "Gambarkan Idemu". Sebenarnya buku gambar kosong biasa, tapi khusus untuk menggambar ide-ide dan apapun yang ingin ia sampaikan.



Alhamdulillah, sekarang Radit sudah mau menggambar dengan inisiatifnya sendiri, mencoba berbagai media dan gambar-gambarnya khas sekali ^^ Karena sejatinya pendidikan itu menumbuhkan bukan mematikan sifat pembelajar anak.



PS: alhamdulillah gambarnya bukan 2 gunung, sawah dan matahari hihihi



Minggu, 17 Januari 2016

Ilustrasi Pilih Sendiri Cerita Favoritmu

Hallo... yuhuuuu...

Saya mau cerita sedikit tentang ilustrasi buku terbaru saya "Pilih Cerita Favoritmu!"
Di buku ini saya berkesempatan mengilustrasi 2 judul yakni Si Buruk Rupa dan Bercak Aneh. Untuk ilustrasi 2 judul yang lain yakni Rumah Boneka dan Tamu Misterius, saya di bantu Lenny Wen.

Untuk ilustrasi Si Buruk Rupa, saya menggunakan sedikit campuran gouache, cat air dan pensil warna untuk memperkuat kesan suram dan galak :D


Sedangkan untuk Bercak Aneh saya menggunakan outline pensil kapur hitam dan cat air. Kedua karakter tokoh dalam buku ini sangat berkesan buat saya. Si Buruk Rupa adalah rumah tua yang galak dan tidak suka diganggu, sedangkan Bercak Aneh adalah semua pondok petani yang gatal-gatal karena jamur pada dindingnya.


Semua cerita ini memiliki 2 alur cerita yang berbeda dan keduanya sangat seru, itulah kenapa disebut sebagai seri pilih sendiri cerita favoritmu. 

kunjungi juga IG dkwardhani dan www.capungmungil.weebly.com ya, see you!



Selasa, 05 Januari 2016

Seri Pilih Cerita Favoritmu

Alhamdulillah ^^.. sangat senang buku ini akan segera terbit...
Buku pembuka awal tahun 2016 smile emotikon
Berangkat dari ide saya dan mbak Watiek Ideo untuk membuat buku anak bertema DEKORASI KAMAR dan INTERIOR, lahirlah buku-buku manis ini.
Setiap cerita asyik ini, pembaca cilik dapat memilih 2 alur cerita yang berbeda sesuai keinginannya lho! Dan tentunya setiap alur memiliki ending yang seru.
Dan tak kalah uniknya, ada lembaran CRAFTING PROJECT, yeaaaaay! Prakarya-prakarya yang kita pilih tentunya seputar mendekorasi kamar anak, tips merapikan mainan dan menata barang-barang anak. Maklum mantan arsitek dan crafter hihihi, jadi bukunya gak jauh-jauh dari situ hehehe..

Mau intip-intip ilustrasinya? itu tuuuh yang kemarin-kemarin saya share di IG... alhamdulillah dalam buku-buku ini saya kebagian mengilustrasi 2 cerita yaitu Si Buruk Rupa dan Bercak Aneh.
Penulis : DK. Wardhani Watiek Ideo
Ilustrator :DK. Wardhani & Lenny Wen
Penerbit Bip Gramedia
Ukuran buku : 20x20 cm
Tebal : 32 halaman
Harga : Rp. 34.000,00/buku
Ada 4 Judul yang dapat cocok untuk dikoleksi :
1. Rumah Boneka
2. Tamu Misterius
3. Bercak Aneh
4. Si Buruk Rupa
(untuk sinopsis klik masing-masing foto yaaa)
Yuk, pilih cerita favoritmu!
PS: akan beredar sekitar Bulan Februari 2016 di Toko Buku ya, mau pesan via kami juga boleh karena SETIAP PEMESANAN LENGKAP SE-PAKET (semua judul) via penulis akan mendapatkan bonuuuus^^

Berikut sinopsisnya:


"Hooaaam.. aku sulit tidur karena akhir-akhir ini sering mendengar kegaduhan," keluh Rumah
"Whooo, jangan-jangan itu handtu atau monster?" celetuk pohon. 
Sesaat Rumah menjadi takut.Namun cepat-cepat dia tepis, "Oh, tidak. tidak ada hantu atau moster."

Siapa yang menyebabkan kegaduhan di dalam Rumah?


“Ugh, gatal, gatal!”
Bercak-bercak bermunculan di sekujur badan rumah, tapi dia tidak bisa menggaruknya. 
“Tolooong aku!” serunya.

Apa yang akan kalian lakukan untuk menolong si rumah?



Di sudut sebuah perumahan, ada satu rumah ysng kusam dan menyeramkan. Dialah si Buruk Rupa. 
Baik para rumah tetangga maupun anak-anak manusia takut saat melewatinya. 
Suatu hari sebuah truk dengan beberapa orang di dalamnya berhenti tepat di depan si Buruk Rupa.

Apa yang akan dilakukan si Buruk Rupa?


Nona Pipi Merah Mengangkat telepon dari sepupunya. 
Oooh... ternyata sepupunya ingin berlibur di rumahnya. 
Namun, mendengarkan percakapan mereka, Rumah Boneka, Bob si boneka beruang, Kinca si kucing kayu, dan Riko si robot merasa takut.

Memangnya apa sih yang mereka takuti?


HAPPY READING!!


Selasa, 03 November 2015

Lomba Menulis Dongeng Nusantara Bertutur dan KSAN 2015

Hallo...

Beberapa waktu lalu saya dan mbak Watiek Ideo ikutan lomba Menulis Dongeng Anak  yang diadakan oleh Nusantara Bertutur dan KSAN 2015. Jadi, Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional (KSAN) adalah acara dua tahunan (sejak 2007) yang dilaksanakan sebagai bagian dari upaya pencapaian Universal Access 2019. Lalu, dalam KSAN tahun ini ini diadakan Lomba Menulis Dongeng Anak – KSAN 2015.


Mengapa diadakan lomba menulis dongeng? Karena  ingin mengedukasi anak-anak dan lingkungan pendidikan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan disukai oleh anak-anak, mengenai kondisi saat ini serta harapan yang ingin dicapai dalam permasalahan air minum dan sanitasi Indonesia. Selain itu kami juga ingin menyebarkan isu air minum dan sanitasi di komunitas dongeng anak, dengan harapan dongeng-dongeng anak tentang air minum dan sanitasi akan semakin banyak jumlahnya.

Nusantara Bertutur adalah sebuah gerakan dari sekelompok anak bangsa yang punya kepedulian terhadap upaya pembangunan karakter anak-anak Indonesia melalui dongeng.



Alhamdulillah Kami dapat juara 1 lhooo untuk kategori Dongeng Air Minum...
Alhamdulillah.. Ya Allah baru kali ini menang lomba penulisan ^^ seneng bukan main.



Selasa, 13 Oktober 2015

Kisah Kota Kita is getting ready for Frankfurt Book Fair 2015

... Alhamdulillah, ngga nyangka T.T


dapat kabar dari Penerbit Bip Gramedia
Kisah Kota Kita a book from DK Wardhani & Watiek Ideo is getting ready for Frankfurt Book Fair 2015!
Yang sebelah kiri buku versi Indonesia, sedangkan yg kanan khusus dicetak dlm bahasa Jerman untuk dibawa ke FBF. Semoga kisah yg dilukis dengan apik dan cantik ini dilirik penerbit-penerbit asing dan laris manis rightsnya yaa. Aamiin ya Rabb..



Big thanks for all illustrators : Dian Yusnita SetianyTiffa N. Tanuwigena,Salestinus Sustyo HendriawanHutami DwijayantiDewi CitraAgnes KartikaDiah Fitriana MukadarDiani ApsariHaidi Shabrina
This book will be nothing without your touch ^^
Terima kasih juga untuk para endorser.. dan tentunya para pembaca cilik semua, semoga Kisah Kota Kita bermanfaat, aamiin..
You can get the book
Hall 4.0 C97
Hall 3.0 K117



Komposter Gerabah (Pottery Composter)

Halloooo.....



Beberapa waktu lalu Takakura di rumah tiba-tiba muncul belatung cukup banyak, hiiiii agak-agak geli kaaan?
Nah, sebelumnya memang sudah ada ide beli gerabah gede di Betek Dinoyo. akhirnya dieksekusi deh. 
Komposter gerabah ini so simple, asik, dan mudah. Takakuranya tetap saya pakai, tapi dibersikan dulu dari para belatung.

Caranya :
1. Cukup sediakan pot gerabah ukuran besar, minta dilubangi bawahnya sama tukangnya.
2. Taruh serutan kayu, serbuk gergaji atau sekam (atau ya bukan dan) sebagai alas.
3.Taburkan sedikit tanah kemudian masukkan sampah organik (saya masukin juga bekas takakura yang berbelatung itu tadi)
4. Kemudian tutupi dengan tanah. Kerena tanahnya kering akibat musim kemarau maka kita perlu melembabkan tanah juga komposnya tadi dengan cara siram dengan air gula jawa atau air cucian beras. Ini juga bermanfaat untuk mengaktivasi mikroorganisme pengurai.
5. Setelah itu bagian atas sendiri tutupi dengan daun-daun kering, tujuannya untuk mempertahankan kelembaban agar proses fermentasi bisa berjalan baik. Karena kompos yang bagus itu tekstur dan kelembaban seperti tanah hutan.

Kenapa pakai gerabah bukan drum plastik? Karena gerabah lebih bernafas. Kaya bedanya kendi sama botol air mineral gitu deh.
Ga usah dipanen ya bisa, maksudnya dipakai terus sebagai komposter. Atau dipanen setelah penuh. Panennya ga perlu semua, sisakan sebagian utk penguraian selanjutnya.

Selamat mencoba ^^ alhamdulillah saya sudah panen dalam 15-20 hari







#kompos #komposter #kompostergerabah#sahabatbumi #dkwardhani #ibuaditdankeni

Selasa, 25 Agustus 2015

-Bikin Kota Sederhana ala Radit & Keni-

Belajar ngga harus mahal, ngga harus ribet, ngga harus yang susah-susah ^^ tapi belajar harus menantang dan juga menyenangkan.
Selama 2 hari ini anak-anak utak atik MS Visio 2007.

Eh apaan itu Visio? Visio ituuu temennya MS Word, MS Powerpoint, MS Excel jadiiii masih satu keluarga MS OFFICE grin emotikon
Biasanya kalau install MS Officenya lengkap pasti ada Visio.
Kebetulan di Visio ada banyak sekali template mulai bikin 3D kota, interior, instalasi listrik, diagram, jadwal harian dan lain lain. Anak-anak bisa lho menggunakannya karena icon-iconnya sudah tersedia sehingga mereka tinggal assembly saja.
Nah, sisi kreatifnya tentunya pada saat mereka memadumadankan berbagai icon sehingga jika dirangkai bisa menghasikan sebuah kota meskipun sederhana. Anak-anak bisa belajar tentang skala, lingkungan, elemen kota, pengelempokan benda dan banyak lagi.
Buat kami ini alternatif yang menyenangkan selain minecraft, soalnya minecraft nagih banget dan spek komputernya harus tinggi (RAM dan VGA cardnya). Kalau visio filenya kecil dan softwarenya juga ringan.
Btw, mana yang karya Radit mana yang karya Keni ya? bisa nebak ngga?grin emotikon







Sabtu, 15 Agustus 2015

EnsikloKeni (Ensiklopedi ala Keni)

-EnsikloKeni-
(Membuat ensiklopedia mini bersama anak-anak)
Anak-anak suka banget corat-coret tak jelas?? (bahasa sundanya teu puguh). Hehehe kata kita aja kali ga jelas, kata anak anak jelas banget ;D
Dulu Keni juga begitu, random... apa aja, kapan saja, dimana saja... eh lama lama dia suka bikin klasifikasi...jadilah muncul ide ini
Yuk coba kita ajak anak-anak bersenang-senang membuat ensiklopedi mini..
Yang ini Ensiklopedi buatan Keni jadi namanya EnsikloKeni hihihi
caranya :
1. sediakan kertas gambar
2. ibu tuliskan judulnya saja, yang menarik anak, misalkan sayur segar
3. minta anak menggambar macam-macam sayur segar menurutnya
4. beri tulisan, sekalian berlatih menulis bisa berbahasa indonesia atau inggris
5. minta anak membuat tema sendiri, terutama tema-tema yang erat dengan keseharian anak. misalkan kenali dirimu, sekolahmu, makanan favoritmu, dan lainnya
6. boleh diwarna boleh juga tidak
7. jangan lupa dikumpulkan ya
8. boleh di jilid jadi satu
9. simpan di perpustakaan rumah ^^





Manfaatnya banyak lho:
A. Mengenal klasifikasi benda
B. Hobby corat coret tersalurkan
C. Koleksi kosakata
D. Belajar menulis dengan menyenangkan
E. Mengisi perpustakaan pribadi
F. Belajar secara mandiri
Anak senang, ibu riang ^^
yuk bikin ensiklopedimu sendiri!





Jumat, 07 Agustus 2015

Tips Membuat Video Cerita Bergambar ala Keni dan Adit

2 hari ini... Keni, Radit dan Ibu bareng-bareng belajar membuat video dari picture book buatan Keni. Kita utak atik bareng, googling sana-sini karena ini baru pertama kali kita bikin video dari powerpoint.

Tarraaa.... ini dia hasilnya ^^ Not bad at all.


Cara bikinnya gampang :
1. Masukkan gambar pada powerpoint.
2. Beri animasi yang sesuai.
3. Insert sound, pastikan pas dengan film yang dibuat.
4. Save sebagai powerpoint slide show.
5. Convert file pps menjadi video menggunakan software gratis Leawo atau bisa juga menggunakan authorstream.
6. Siap di upload di youtube deh!

Pohon Persahabatan - Friendship Tree
by Keni and Radit (7th)



Buku Baru si Rubah Kecil - Little Foxie's New Book
by Keni and Radit (7th)


https://youtu.be/GHvKunvwGLk
Album lego Adit

https://www.youtube.com/watch?v=YzK6Jxa-YGc

Pesta Buah
karya Keni (7th)

https://www.youtube.com/watch?v=WuiPpy-l8xM



Anak-anak tentu senang. Keni senang karena gambar-gambarnya bisa jadi video bergerak. Adit senang karena hobbynya tersalurakan, bisa utak-atik sesuatu menggunakan laptop.
Ibu seneng banget karena jadi ngga mati gaya saat libur lebaran.

Selamat mencoba... dan selamat menonton ^^b semoga bisa jadi teman perjalanan selama mudik..




you might also like these stories

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...