HOMESCHOOLER Mom

Foto saya
a mom of homeschool twinnies (boy and girl), an ex architect, a lecturer, a crafter, and a children book's author and illustrator. loves drawing, crafting, illustrating, making pretty things..

Hi there...

Thanks so much for taking time out of your day to stop by my little space! i am happy to share my daily activities (homeschooling, green living, writing, ilustrating & crafting) and hope you enjoy it...

-Dini-

dkwardhani@yahoo.com



Rabu, 27 Juli 2016

Simple and Easy Cardboard Toy House DIY Tutorial

Alhamdulillah

Memang menjadi orang tua anak-anak homeschooling itu harus siap dengan banyak kejutan ^^ yang ini manis kok. Kenapa saya bilang kejutan manis? karena tiba-tiba inisiatif itu datang bila saatnya tiba hehehe..

Iseng-iseng sore hari saya browing tentang rumah-rumahan dari kardus bekas salah satunya dari http://littleredwindow.com/2014/03/diy-cardboard-box-toy-house.html.





Eh lha kok anak-anak ikut nimbrung, dan ngga tahu kenapa mereka super duper excited dengan rumah boneka itu. Tanpa dinyana anak-anak bikin rancangan (ya betul gambar potongan rumah) beserta ukurannya dan tahu-tahu menelpon bapak minta untuk bisa rapat malam hari selepas isya.

Setelah presentasi ke Bapak dan Ibu, anak-anak mulai merencanakan menggunakan bahan apa. Yang awalnya mau pakai kardus mesin cuci ternyata sudah terbuang :( Akhirnya nemu simpanan karton-karton bekas edutoys jaman capungmungil masih produksi. Dan alhamdulillahnya juga sudah dipotong dengan ukuran yang kok ndilalah pas untuk rumah-rumahan itu.

Pagi-pagi udah nagih aja minta mulai bikin, ya wis Let's go! Mumpung jiwa arsitek ibu masih ada hehehe... Baiklah yuk kita jadikan ini sebagai project based learning kita minggu ini. Kita akan mengukur, memotong, mewarna, menata dan berkompromi.

Alat dan Bahan yang disediakan :

5 karton ukuran 25x32 cm
2 karton ukuran 25x25 cm
Pensil
Penggaris
Cutter
Lem
Stik es krim



Mari mulai dengan laintai pertama, pasang dinding-dinding tegak siku-siku terlebih dahulu baru kemudian pasang lantainya. Jangan lupa lihat gambar.




Setelah itu pasang lantai kedua, dan beri lem untuk atap. Atur kemiringan atap dan pasang pada lantai 2. Lantai dua ini ada ruangan di bawah atap yang di sebut Attic.




Taraaaa... ini kondisi sudah terpasang semua ya... Anak-anak minta diberi garasi atau carport untuk mainan mobil-mobilan Radit yang buanyak itu. Pergolanya menggunakan stik es krim.



Anak-anak memutuskan untuk menghias dan mengecat dinding toy housenya. Yang dilakukan terlebih dahulu adalah menebali garis atap.


 


Kemudian diwarna dengan goache atau cat poster juga bisa. Beres dengan atap, mulai mengecat dinding.

 


Setelah rata, boleh atur interiornya! Horeeee... 




  


Alhamdulillah kelar juga dan sekarang puas-puasin deh mainnya ^^
  






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

you might also like these stories

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...