HOMESCHOOLER Mom

Foto saya
a mom of homeschool twinnies (boy and girl), an ex architect, a lecturer, a crafter, and a children book's author and illustrator. loves drawing, crafting, illustrating, making pretty things..

Hi there...

Thanks so much for taking time out of your day to stop by my little space! i am happy to share my daily activities (homeschooling, green living, writing, ilustrating & crafting) and hope you enjoy it...

-Dini-

dkwardhani@yahoo.com



Sabtu, 24 Januari 2015

Sabun Cuci Alami dari biji LERAK

-Sabun Cuci Alami-

Mungkin teman-teman pernah tahu LERAK atau ada yang menyebutnya KLERAK? ya, Lerak dikenal sebagai cairan pencuci batik agar batik tetap indah, tidak kusam dan terjaga warna aslinya. Nah, ternyata nih Lerak punya berbagai fungsi lain lho.. Lerak bisa untuk cuci piring, mengepel lantai, mencuci baju dan juga untuk menggosok kamar mandi. Luar biasa, bukan?


Siapa bilang lerak ga berbusa? bisa lihat foto, busa lerak cukup banyak. Hasil cucinya juga kesat. Pemakaian Lerak ini sangat mudah dan murah lho. Cukup rendam beberapa biji Lerak, dengan air hangat-hangat kuku, supaya busa yang dihasilkan bisa banyak. Pakai sabut kelapa atau buah oyong/gambas kering, sangat membantu menghasilkan busa (lihat foto). Dan yang jelas, ngga menghasilkan limbah detergen yang akan dibuang ke selokan. Lerak bisa dibeli di pasar tradisional sekitar rumah.
Virus pemakaian lerak ini ditularkan oleh mb Kristien Yuliarti, setelah sebelumnya saya ketularan kompos dan takakura. Untuk artike singkat dan lumayan lengkap beserta resep-resepnya bisa kunjungi http://www.dailydump.org/what_are_soap_nuts

Yuk ah, jaga bumi dengan hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan. Sekecil apapun kontribusi kita InsyaAllah tetap bermakna.

3 komentar:

  1. aih, baru tahu lho ada biji-bijian yang namanya Lerak, hhe.. ^_^

    BalasHapus
  2. terimakasih infonya gan
    http://short8.net/B5Za8

    BalasHapus

you might also like these stories

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...