HOMESCHOOLER Mom

Foto saya
a mom of homeschool twinnies (boy and girl), an ex architect, a lecturer, a crafter, and a children book's author and illustrator. loves drawing, crafting, illustrating, making pretty things..

Hi there...

Thanks so much for taking time out of your day to stop by my little space! i am happy to share my daily activities (homeschooling, green living, writing, ilustrating & crafting) and hope you enjoy it...

-Dini-

dkwardhani@yahoo.com



Sabtu, 28 Februari 2015

Sabun Cair dari Klerak

Ternyata sabun Klerak bisa disimpan lho! Caranya?


1. Rendam =/- 15 biji klerak dalam air selama semalaman hingga lunak,
lalu cincang atau potong-potong buah lerak
2. Siapkan 6 cup air, masukkan potongan klerak sambil sedikit dipencet/remas hingga keluar getahnya yang berwarna coklat tua yang merupakan biang sabun klerak.
3. Rebus klerak dengan api kecil selama 30-45 menit sambil diaduk.
4. Matikan api, tunggu dingin beri perasan jeruk nipis. Kadang saya tambahkan garam krosok.
5. Simpan (dalam gelas kaca sih sebaiknya).
6. Masukkan kulkas, jika hendak dipakai beri sedikit air panas.
7. Bisa disimpan 7hari-an
*Sabun klerak saya gunakan untuk cuci piring, ngepel, nguras aquarium.
*Sabun klerak baru saja saya gunakan membersihkan porselen dapur. Masukkan semprotan, semprot ke porselen lalu lap. Cling deh grin emotikon
*Sabun klerak juga saya pakai untuk nyemprot hama (pestisida alami)

1 komentar:

  1. salam kenal, artikel n kreasinya r cool cute:) mbak maaf itu klerak apakah yg bs jg utk cuci kain batik? terimaksih. o ya saya sdh follow blog ini.

    BalasHapus

you might also like these stories

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...