HOMESCHOOLER Mom

Foto saya
a mom of homeschool twinnies (boy and girl), an ex architect, a lecturer, a crafter, and a children book's author and illustrator. loves drawing, crafting, illustrating, making pretty things..

Hi there...

Thanks so much for taking time out of your day to stop by my little space! i am happy to share my daily activities (homeschooling, green living, writing, ilustrating & crafting) and hope you enjoy it...

-Dini-

dkwardhani@yahoo.com



Jumat, 12 Februari 2016

Belajar menghafal dengan Tahfidz Quran Tematik

Beberapa waktu lalu sempat ikut TQT - Tahfidz Quran Tematik. Sebuah metode menghafal Quran berdasarkan tema tertentu. Tema-tema ini bisa dipilih sesuai kebutuhan atau kesiapan anak/ortu dalam menghafal. Bisa dimulai dari kisah-kisah nabi dan rosul, bisa dari kisah yang lekat dengan anak misalkan Qorun, Ashabul Kahfi, kisah Luqman, Dzulqornain dll. Atau juga bisa tema-tema lain misalkan sains, penciptaan alam dll.

Memang tidak akan berurutan sesuai urutan juz dalam al-Quran. Menurut penjelasan ustadzah  Leyla Fithri Az-Zaky​ karena sebagian besar Quran berisi kisah-kisah inspiratif maka metode ini akan memberikan kemungkinan untuk menghafal sebagian besar isi Qur'an. Atau paling tidak anak tidak hanya sekedar hafal tanpa tahu makna dan artinya.

Yang dipraktekkan waktu itu adalah Kisah Nabi Yunus as. di surat As Shaffat ayat 139-148. Alhamdulillah anak-anak bisa mengikuti dan menghafal dalam 2-3 hari. 

Beberapa Langkah menghafal tematik yg diajarkan ustadzah Lailatul Fithriyah adalah :
1. Membaca kisah yang akan dihafal terlebih dahulu, bisa juga dengan menonton DVD kisah tersebut.
2. Men-Talqin anak dengan kata per kata disertai keywords 
3. Mengulangi bacaan disertai penjelasan urutan kejadian dalam kisah yang dihafal.
4. Dirangkaikan hafalannya disertai pemahaman akan kisah yang dihafal.

Beberapa manfaat metode TQT :
1. anak-anak senang dan enjoy dalam menghafal karena dibarengi storytelling
2. long term memory
3. Paham terjemahan dan alur kisah dalam Quran
4. pesan moral sampai ke anak-anak
5. anak-anak mendapatkan beberapa kosakata bahasa arab sederhana
6. menggugah minat dan timbul pertanyaan kritis dari si anak
7. dapat menjadi dasar pengetahuan yang lain

Buku atau DVD apapun sebetulnya bisa dipakai untuk media belajar TQT, tidak ada buku khusus. Saya menemukan beberapa buku yang pas untuk halaqoh di rumah.




Buku-buku ini adalah buku yang kami pakai di rumah, untuk halaqoh kecil ba'da maghrib sampai menjelang isya. Buku ini cukup mudah dipahami, ringkas dan sesuai untuk anak. 

1. Ensiklopedi Juz Amma karya sahabat saya Aminah Mustari terbitan Kautsar for Kids (Dilengkapi sebab turunnya ayat, boks pantau hafalan, penjelasan istilah, hikmah).
2. Muhammad Nabiku karya sahabat saya teteh Tethy Ezokanzoterbitan Kaustar for Kids (dilengkapi data dan fakta, serta tahun serta kejadian penting dalam tiap periode kehidupan Rasulullah SAW, juga isian kotak Aku Tahu).
3. Kisah al Quran pertamaku, Saniyasnain Khan. Penerbit Muara.

Seneng deh... bisa 1 hari 1 siroh, 1 hari 1 ensiklopedi, 1 hari 1 kisah al Quran.

Terima kasih Ceu Mimin, dan Teh Tethy sudah menulis buku-buku yang berkualitas untuk anak-anak. Pasti menulis buku-buku ini melalui riset panjang dan merupakan hasil membaca berbagai referensi... isinya mantap InsyaaAllah. Barakallahu fiikum ^^b
Ini bukan status jualan ya grin emotikon Saya beli di islamic book fair dan toko buku islam di Malang. Coba kontak penulisnya ya..


by the way, untuk anak-anak akan lebih mudah hafal serta paham artinya. Nah untuk memperkuat hafalannya bisa juga digunakan gerakan tangan seperti video ini. 

http://m.vidio.com/watch/265420-panduan-menghafal-qur-an-surat-an-naba-dengan-terjemah. 

#pendidikanrumah #homeschooling#homeeducation #pembelajarmandiri#homelearning #dkwardhani



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

you might also like these stories

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...