HOMESCHOOLER Mom

Foto saya
a mom of homeschool twinnies (boy and girl), an ex architect, a lecturer, a crafter, and a children book's author and illustrator. loves drawing, crafting, illustrating, making pretty things..

Hi there...

Thanks so much for taking time out of your day to stop by my little space! i am happy to share my daily activities (homeschooling, green living, writing, ilustrating & crafting) and hope you enjoy it...

-Dini-

dkwardhani@yahoo.com



Sabtu, 13 Desember 2014

Aturan Main di Rumah ala Adit dan Keni

Selesai rapat keluarga, adit dan keni menuliskan kesepakatan tentang aturan main di rumah... Adit dan keni terlibat langsung dalam menentukan apa saja yang menjadi aturan sederhana di rumah. Alhamdulillah sedikit demi sedikit terpenuhi.


  1. Membuat aturan main ini cukup mudah:
  2. Ajak anak terlibat dalam rapat keluarg, dengarkan pendapat mereka. Anak bukan objek, mereka adalah subjek :)
  3. Beri pilihan aturan apa saja yang akan dituliskan.
  4. Susun skala prioritas mana yang aturan terpenting di rumah atau yang urgent untuk dilakukan, ngga mungkin juga semua terpenuhi... mereka perlu belajar aturan main secara bertahap.
  5. Buat sesederhana mungkin dan tak perlu muluk-muluk, yang penting anak bisa melakukan.
  6. Setiap peraturan merupakan kesepakatan bersama (tetap dihandle orang tua), beri apresiasi dan juga terapkan konsekuensi. Konsekuensi pun harus sudah dikomunikasikan terlebih dahulu kepada anak-anak, perlahan beri mereka kesempatan untuk belajar mengenai konsekuensi.
  7. Awalnya pasti akan selalu perlu diingatkan, lama-lama jika sudah menjadi kebiasan bisa ditawarkan atura main yang baru.
  8. Adit dan keni berganti menulis aturan main yang mereka sepakati, sehingga mereka merasa memiliki dan bertanggung jawab terhadap tulisan mereka :D
  9. Aturan main bukan hanya untuk anak, tapi untuk se-isi rumah termasuh orang tua donk ya.. jangan hanya berharap anak yang diatur, tapi orang tua juga harus ikut aturan main. Jika tidak anak akan merasa itu tidak adil.
  10. Kuncinya di konsistensi :D jika orang tua melanggar anak juga boleh mengingatkan.
  11. Dengan adanya aturan main, rumah akan lebih aman terkendali :)), anak belajar bertanggung jawab, membentuk kebiasaan dan karakter perilaku yang baik :)
  12. Aturan main bisa ditulis di kertas / papan tulis, ditaruh di tempat-tempat yang mudah terlihat/terbaca.

Salam 



#ibuaditdankeni


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

you might also like these stories

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...