HOMESCHOOLER Mom

Foto saya
a mom of homeschool twinnies (boy and girl), an ex architect, a lecturer, a crafter, and a children book's author and illustrator. loves drawing, crafting, illustrating, making pretty things..

Hi there...

Thanks so much for taking time out of your day to stop by my little space! i am happy to share my daily activities (homeschooling, green living, writing, ilustrating & crafting) and hope you enjoy it...

-Dini-

dkwardhani@yahoo.com



Kamis, 04 Desember 2014

Membuat Album Lego ala Adit

Pada awalnya Ibu kesulitan memberikan kegiatan untuk adit (saat usia 5th) yang dapat menstimulir motorik halusnya. Hampir semua tools Ibu coba mulai playdogh, gunting tempel kertas, kolase, crayon dll tapi adit tidak tertarik. Akhirnya adit menemukan tool yang "klik" di hatinya. Dan hasilnya tak disangka, ia membuat kreasi yang beragam dan tak satupun yang diulang. Karya Adit sangat banyak, dan setiap kali selesai membuat satu Adit akan bercerita mengenai fitur-fitur yang dipunyai oleh si pesawat atau mobil tersebut, Adit bisa menceritakan secara detail apakah mobil tersebut punya knalpot 4, alat tembak untuk perang, atau mesin untuk mengangkat pesawat tersebut naik yang terletak tersembunyi, kemudinya ada di mana dll. Dan setiap desain baru pastilah berbeda juga fiturnya. 

Kalau Ibu bisa mengapresiasi gambar Keni, Ibu juga harus bisa mengapresiasi karya desain Lego Adit. Meskipun Ibu ngga terlalu paham mesin tetap berusaha manggut-manggut setiap Adit cerita dan memancing dengan bertanya. Adit akan sangat besemangat bercerita tentang mesin torak, mesin 4 tak, bahan bakarnya apa dll.

Nah, karena saking banyaknya karya Lego yang dibuat dan setelahnya selalu dibongkar akhirnya terpikirlah untuk membuat sebuah album. Album ini juga bisa digunakan untuk melihat seberapa banyak modifikasi yang Adit bisa lakukan, dan melihat progress imajinasinya.

Cara membuat Album Lego:

1. Setiap Adit membuat satu karya selalu Ibu foto menggunakan HP.
2. Kategorikan foto lego yang bertema sama, misalkan robot, pesawat, mobil balap, roket dll.
3. Buka software powerpoint.
4. Masukkan setiap foto, urutkan bedasar kategori.
5. Buat divider per kategori.
6. Buat Cover yang menarik.
7. Buat juga profil anak pada bagian akhir album
8. Save atau convert ke PDF, print dan jilid.
9. Album Lego siap mengisi perpustakaan pribadi anak.

Anak senang, Ibu apalagi :D

Setiap anak memiliki bakat terpendam yang adalah tugas kita orang tua harus menggali dan menemukannya, menghargai dan memberinya kesempatan untuk berkembang. Mungkin kita melihat karya anak sebagai sesuatu yang sepele namun percaya deh buat anak penghargaan kita jauh lebih penting dari apapun.

Setiap anak itu istimewa. InsyaAllah. 

Untuk melihat karya adit yang lain 







Salam
Ibu adit dan Keni
#ibuaditdankeni





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

you might also like these stories

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...